Stranger Things: The Game for Android

by - 7:21 PM


Awal mula saya tertarik bermain gim Stranger Things tidak lain karena saya mengikuti tv series keluaran Netflix tersebut. TV series Stranger Things sejauh ini baru mencapai season 2, season 3 baru release bulan Juli 2019. Nah gim yang saya mainkan ini mencakup Stranger Things season 1 dan 2, karena sudah ada karakter Max juga. Sekilas info, tv series Stranger Things berkisah tentang seorang anak bernama Will Bryers yang tersesat di Upside Down. Upside Down berada di dimensi lain yang merupakan salinannya Hawkins tapi dalam bentuk yang mencekam. Pintu Upside Down ini tidak sengaja dibuka oleh Eleven, seorang anak perempuan yang memiliki kemampuan psikokinetik. Lalu Mike dan kawan-kawan berusaha mencari Will dengan bantuan Eleven.

Gim Stranger Things keluaran BonusXP, Inc. ini tidak terlalu berat, size-nya cuma sekitar 90 MB. Saya memainkan gim ini di ponsel dengan RAM 3 GB dan memori 24 GB, lancar jaya kok. Gim action adventure ini memiliki gambar yang khas gaya pixel art, jadi kesan jadulnya terasa tapi sama sekali tidak mengurangi keseruannya. Tentu saja setting waktu tv seriesnya saja di tahun 1980an. Ada dua mode gim yaitu normal dan klasik. Kalian dinyatakan berhasil kalau sudah mencapai presentase 100% di kedua mode tersebut.
Pemain akan menjelajahi kota Hawkins untuk menyelesaikan misi. Area-area di dalam gim sama seperti tv seriesnya, ada hutan Mirkwood, perpustakaan, sekolah, laboratorium, sampai Upside Down pun juga ada. Di area tertentu dibuat menjadi dungeon,  ketika memasuki area tersebut kalian akan menghadapi sejumlah musuh dan harus menyelesaikan puzzle untuk bisa menjelajahi seluruh area yang terkunci. Menurut kamus bahasa inggris dungeon adalah penjara bawah tanah terutama yang berada di kastil atau benteng, sedangkan dalam dunia gim dungeon dapat diartikan sebagai labirin yang penuh dengan rahasia.
Selama menjelajahi area kalian juga harus melengkapi eggos, tape, dan gnomes yang bisa kalian temui di area tertentu. Untuk meningkatkan daya hidup kalian harus menemukan quest item yang nantinya didistribusikan ke karakter non-player yang membutuhkan item tersebut. Semua item-item tersebut tersembunyi di setiap sudut Hawkins.
Karater pertama yang bisa kalian gunakan adalah Jim Hopper yang memiliki keahlian meninju. Jika misi awal Jim berhasil nanti akan ada petunjuk di peta, dia harus mencari karakter siapa untuk membantu misi selanjutnya. Lalu jika kalian berhasil membuka semua pintu di salah satu dungeon kalian akan menemukan karakter lain. Karakter kedua yang bisa kalian temukan adalah Lucas Sinclair yang memiliki kemampuan menembak dengan ketapel. Jika misi selesai di satu dungeon, peta akan kembali menunjukkan keberadaan karakter lain. Di sini karakter ketiga adalah Nancy Wheeler yang memiliki kemampuan memukul dengan tongkat baseball.
Karakter keempat adalah Mike Wheeler yang memiliki kemampuan bersepeda dan mengganggu musuh dengan cahaya senter. Jadi Mike ini tidak memiliki kemampuan untuk melumpuhkan lawan ya guys.
Karakter kelima adalah Will Byers yang memiliki kemampuan merayap di gorong-gorong dan pukulan ringan.
Karakter keenam adalah Dustin Henderson yang memiliki kemampuan mengecoh musuh dengan pudding.
Karakter ketujuh adalah Eleven yang memiliki kemampuan berpindah tempat melalui kolam air. Tapi untuk menemukan Eleven kalian harus melengkapi eggos terlebih dahulu untuk bisa membuka kotak yang berisi kunci khusus. Saya tidak terlalu suka dengan karakter ini, ya memang sih dia bisa menghemat waktu untuk pindah dari lokasi satu ke lokasi lainnya.
Dan, karakter terakhir adalah Maxine Mayfield (Max). Dia memiliki kemampuan melempar musuh dengan koin dan berkendara dengan skateboard. Berbeda dengan karakter lain yang akan kalian temui di dungeon, Max bisa kalian temui di depan area bermain gim. Dia akan setuju gabung ke squad jika kalian berhasil menemukan item yang dia minta.
Quest item yang kalian temukan di area-area gim juga bisa membantu meningkatkan kemampuan karakter player. Misalnya kalian menemukan paku, nah itu bisa digunakan untuk memodifikasi tongkat baseball milik Nancy sehingga memiliki dampak kerusakan terhadap musuh lebih besar. Atau kalian bisa menemukan tas sehingga bisa menampung lebih banyak batu dan pudding.
Sejauh ini saya belum tamat main gim ini. Mode normal baru mencapai 92,6% dan mode klasik 14,8%. Di mode normal saya sudah berhasil mengalahkan Demogorgon, tapi saya belum melengkapi gnomes dan belum menemukan semua quest item (Padahal sudah ngubek-ngubek semua area berulang-ulang. Haha...).
Karakter yang paling saya sukai di gim ini adalah Nancy, Lucas, dan Dustin, yang lain cuma pelengkap untuk situasi tertentu. Seperti waktu masuk ke Upside Down, yang bisa masuk cuma Jim karena pakaian pelindungnya untuk dewasa dan area tersebut juga berbahaya untuk anak-anak. Terus waktu dikejar oleh mobil orang-orang dari Laboratorium Hawkins hanya bisa pakai karakter Mike. Kenapa saya suka Nancy, karena kemampuan Nancy memukul memiliki dampak kerusakan yang besar, bahkan bisa menghancurkan tembok yang tidak bisa dilakukan dengan tinjuan Jim. Sedangkan kemampuan Lucas sangat cocok untuk pertempuran jarak jauh atau menjangkau hal-hal yang jauh lah. Kalau kemampuan Dustin itu berguna sekali waktu menghadapi elite group, lumayan untuk mengecoh mereka.
Untuk karakter tertentu seperti Lucas, Dustin, dan Max kalian harus mengumpulkan batu; pudding; dan koin. Soalnya itu adalah sumber kekuatan mereka. Kalian bisa menemukan item tersebut di sekitar semak, tong sampah, loker, lemari, atau bahkan setelah mengalahkan musuh kalian bisa mendapatkan item tersebut.
Beberapa musuh memiliki kekebalan dan tidak bisa dihancurkan hanya dengan pukulan, yang bisa kalian lakukan adalah mengecohnya. Musuh yang memiliki kekebalan ini biasanya masuk ke elite group dan akan muncul sebelum kalian mengakhiri misi di suatu dungeon. Kalau kalian sudah masuk ke area para elite group berada, maka mau tidak mau kalian harus mengalahkan mereka karena tidak ada jalan untuk kembali.
Selain mengalahkan musuh di sini juga ada gangguan dari hewan guys. Itu lumayan annoying sih soalnya bisa mengurangi daya hidup. Hewan yang mengganggu di gim ini adalah burung hantu dan satu lagi beruang. Kalau beruang tidak bikin daya hidup berkurang, tapi dia menutup beberapa akses jadi kalian harus mengecohnya. Eh ada lagi semacam makhluk dari Upside Down. Kalau ditembak mereka akan membelah diri. Mereka juga bisa mengurangi daya hidup.
Ketika daya hidup habis kalian bisa mengulangi permainan di check point yang sudah ditentukan, jadi kalian tidak akan sepenuhnya keluar dari dungeon kok. Kan nyesek ya kalau harus mengulang dari awal. Sejauh ini daya hidup saya ada 13 hati, lumayan membantu waktu menghadapi elite group.
Ada satu karakter non-player yang berguna untuk memulihkan daya hidup, yaitu Joyce Bryers. Tapi kalian harus menemuinya di rumahnya, dekat hutan Mirkwood. Kurang membantu sih kalau kalian sudah terjebak di dalam dungeon.
Nah menurut kalian gimana, seru dan menarik kan gim Stranger Things. Menurut saya sih seru. Silakan coba main untuk membuktikan sendiri.

You May Also Like

0 comments