Novellete, Novela, dan Novel

by - 11:55 AM

NOVELETTE, NOVELLA, DAN NOVEL

Membicarakan mengenai karya sastra, novel merupakan salah satu yang menjadi favorit. Novel sendiri sebenarnya memiliki ‘saudara dekat’, yaitu novelette dan novella. Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal novel daripada novelette dan novella. Sebenarnya di toko buku novelette dan novella dapat dengan mudah ditemukan. Namun, orang lebih suka menyebutnya sebagai novel mini.

Apa sih perbedaan antara novelette, novella, dan novel? Perbedaan ke tiganya ada pada jumlah kata yang digunakan.


Novelette

Pada umumnya novelette lebih panjang dari cerita pendek dan lebih pendek dari novella. Karya sastra fiksi ini memiliki jumlah kata sebanyak 7500 – 17000 kata. Jumlah kata yang relatif sedikit ini menjadikan novelette cocok untuk dibaca sekali selesai. Salah satu contoh novelette adalah A Christmas Carol oleh Charles Dickens, The Doll and One Other oleh Algernon Blackwood.

Novella

Novella memiliki cerita yang lebih panjang dari novelette dan biasanya disebut sebagai novel mini. Jumlah kata pada karya sastra fiksi ini adalah 17000 – 40000. Tidak seperti novel, novella tidak dibagi dalam chapter. Salah satu contoh novella adalah karya dari Agatha Christie yang berjudul Three Blind Mice.

Novel

Novel memiliki jumlah kata yang paling banyak, yaitu lebih dari 40000 kata. Karya sastra fiksi ini pada umumnya dibagi dalam beberapa chapter. Berdasarkan pada jumlah kata yang lebih dari 40000, maka novel dimaksudkan untuk dibaca selama beberapa hari. Contoh novel yang mungkin sudah tidak asing ditelinga adalah Harry Potter karya J.K. Rowling, The Hunger Games trilogy karya Suzanne Collins, Eragon karya Christopher Paolini.

Kalian lebih suka baca yang mana nih, novelette, novella, atau novel?
Yuk share karya sastra fiksi favorit kalian.

You May Also Like

1 comments