Kedai Kopi Tarik Ungaran

by - 6:25 PM


Berlokasi di Jl. Kartini No. 230 B, Sembungan, Ungaran, Kedai Kopi Tarik memanfaatkan rumah hunian sebagai area usaha. Kedai ini memang tidak tampak seperti kedai kopi pada umumnya. Saya yang sering melewati lokasi tersebut pun tidak notice ada kedai kopi di situ. Apalagi lokasi kedai tersebut di tikungan dan tidak menyediakan area parkir, ya karena memang jarak halaman dan jalan raya itu mepet sekali. Tapi kalian bisa parkir di seberang, ada cukup area yang tidak membuat kendaraan memenuhi badan jalan.
Dok. pribadi

Saya tahu lokasi Kedai Kopi Tarik Ungaran justru dari teman saya. Waktu itu saya ke kedai tersebut sekitar jam 19:00 saat weekday, suasana lumayan lengang. Di bagian halaman ada area semacam bar gitulah, area khusus untuk meracik kopi. Beberapa peralatan juga digantung di sisi-sisi bar. Ketika bartender membuat kopi tarik jadi semacam atraksi saja sih. Kursi-kursi untuk pelanggan berada di halaman dan juga di dalam rumah. Saya memilih kursi di bagian teras dan belum pesan apa-apa karena teman belum datang. Sambil menunggu saya melihat-lihat menu, ternyata kedai ini tidak cuma menyajikan kopi tapi juga minuman berempah (saya lupa tidak memfoto menu minuman rempahnya). Saking banyaknya varian kopi saya bingung mau memesan yang mana. Sementara itu untuk menu makanan berat dan camilan memang sangat kurang. Hanya ada indomie, nasi telur, mendoan, pisang goreng, singkong goreng (cuma itu saja sejauh yang saya ingat).
Dok. pribadi


Dok. pribadi

Setengah jam kemudian teman saya datang, lalu kami pindah ke kursi di dalam yang di sampingnya ada rak buku.  Semakin malam orang-orang berdatangan dan kursi terisi seluruhnya. Bahkan pemilik terpaksa menolak pelanggan karena sudah tidak ada tempat duduk lagi.
Setelah memilih-milih saya memutuskan untuk memesan cold brew coffee. Cold brew coffee adalah kopi yang direndam dalam air selama 18-24 jam untuk mendapatkan konsentrat kopi yang selanjutnya diencerkan ketika akan disajikan. Saya kurang tahu metode apa yang mereka gunakan, karena memang ada beberapa metode untuk membuat cold brew coffee. Ngomong-ngomong, cold brew coffee, cold drip coffee dan iced coffee beda ya guys. Yang membedakan mereka ini jelas metode pembuatannya dan cita rasa yang muncul. Cold drip coffee dibuat dengan cara brewing kopi menggunakan air dingin yang diteteskan secara perlahan ke bubuk kopi, sehingga teknik ini memerlukan dripper. Proses brewing tersebut dapat mencapai 1 – 24 jam.
Di kedai ini juga menyediakan menu cold drip cofffee. Sebenarnya saya juga tertarik dengan kopi tariknya, namanya saja Kedai Kopi Tarik Ungaran sudah jelas ya spesialis kopi tarik, tapi mungkin lain kali saja saya pesan kopi tarik. Saya juga pesan semua camilan (ya karena adanya itu saja).
Waktu untuk menu-menu yang saya pesan tiba di meja itu lama banget. Mengingat pelanggannya banyak banget dan mungkin peralatan serta tenaga mereka juga kurang. Menu itu pun tiba antara setengah hingga satu jam. Jadi kalau kalian kurang sabar mending kalian datangnya agak sorean saja, kalau semakin malam justru tambah ramai. Pengunjung pun tidak hanya anak muda, beberapa kali saya lihat ada orang tua dan anak-anak.
Cita rasa cold brew coffee tidak begitu pahit meskipun tanpa gula, sedikit asam, aroma kopinya terasa banget. Saya cuma bisa mendeskripsikan sebatas itu maklum belum expert dalam dunia perkopian (belum bisa membedakan guys spicy, caramel, chocolate, floral & fruty, slight earthy, herbal, nutty, herbal, dll). Body-nya pun aku belum bisa membedakan. Haha...
Kopi yang mereka gunakan ini ternyata berasal dari daerah sekitar lho. Ada beberapa keterangan di menu mereka, jadi mereka pakai kopi dari petani Ungaran. Keren ya, itu membantu banget untuk para petani lokal.
Lanjut untuk makanannya jujur saja saya tidak rekomendasikan. Kalau bisa kalian sudah kenyang kalau ke sana dan memang cuma pengin minum saja. Beberapa orang sih memang cuma minum sambil ngobrol dan diskusi. Cuma malam itu saya dan teman saya lagi lapar-laparnya, jadi tetap pesan makanan.
Dilihat dari segi harga, relatif murah guys jadi jangan takut dompet kalian bolong. Harga secangkir kopi mulai dari Rp. 9000; dan tidak lebih dari Rp. 30.000; (Saya lupa harga kopi termahal berapa, kalau tidak salah masih sekitar 20.000an).

You May Also Like

4 comments

  1. Wah bisa dijadikan pertimbangan tempat buat nongkrong nih.

    ReplyDelete
  2. Enak iya di kota besar banyak tempat nongkrong yg asyik2 pula. Di kampungku baru ada 1-2 tempang nongkrong itupun nggak asyik, krn suasananya monoton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas banyak dari yang model warung kopi sampe cafe. Cuma saya juga baru eksplor sedikit. Prospek lho jadi usaha, saingannya masih sedikit.

      Delete