Mengenal Subgenre dalam Novel Part 2

by - 11:36 AM

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sub- (bentuk terikat) memiliki arti bawah, dekat, agak. Sementara itu, genre (Sas) memiliki arti sebagai jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya, ragam sastra. Untuk lebih mudah dipahami saya mengartikan subgenre sebagai turunan dari suatu genre.

Subgenre dalam novel jika didata jumlahnya tentu sangat banyak. Salah satu contohnya sains fiksi saja memiliki subgenre seperti cyberpunk, steampunk, clockpunk, biopunk; belum genre lain juga memiliki subgenre. Kalian bisa membuka Goodreads dan dijamin akan menemukan berderet-deret genre dan subgenre novel. Oleh sebab itu untuk menyambung artikel sebelumnya tentang subgenre, maka saya membuat bagian keduanya. Baca juga mengenal subgenre dalam novel bagian pertama di sini. Nah mari simak penjelasan saya berikut ini.

Bildungsroman atau Coming of Age

Novel dengan subgenre bildungsroman atau coming of age menceritakan tentang perkembangan kehidupan tokoh dari ia remaja hingga beranjak dewasa. Cerita ini utamanya fokus pada pembentukan karakter dan pendidikan si tokoh utama saat ia remaja hingga menjadi sosok yang lebih matang. Contoh novel dengan sub genre bildungsroman antara lain, Looking for Alaska oleh John Green, Great Expectations oleh Charles Dickens, The Goldfinch oleh Donna Tarrt.

Chick Lit

Chick literature atau disebut chick lit ternyata bukan termasuk subgenre romance, tapi tidak apa-apa tetap saya bahas di sini. Saya juga baru tahu setelah membaca artikel di Bookriot, sedangkan di Goodreads chick lit termasuk sebagai genre fiksi (berdiri sendiri, bukan turunan). Novel chick lit biasanya memiliki karater utama wanita. Novel chick lit menceritakan tentang kehidupan wanita modern dengan unsur komedi dan kisah yang ringan. Terkadang genre ini dibumbui kisah percintaan, tapi hal tersebut bukan yang utama karena hubungan persahabatan dan keluarga lebih penting. Tidak jarang chick lit juga bercerita tentang patah hati, tapi kebanyakan memiliki akhir cerita yang bahagia. Contoh novel chick lit adalah Screen Queens oleh Lori Goldstein, The Friend Zone oleh Abby Jimenez, Evvie Drake Starts Over oleh Linda Holmes.

Sick Lit

Sick literature atau disebut sick lit merupakan subgenre yang berfokus pada kisah tokoh yang mengalami penyakit mental, kecenderungan menyakiti diri sendiri dan bunuh diri, atau tentang kematian, serta hubungan emosi yang dalam. Menurut Goodreads novel yang termasuk dalam sick lit adalah The Fault in Our Stars oleh John Green, Everything Everything oleh Nicola Yoon, Me Before You oleh Jojo Moyes.

Dark Fantasy

Dark fantasy adalah subgenre dari fantasi yang pada umumnya menceritakan tentang cerita fantasi yang memiliki elemen horor (Pada artikel Macam-macam Genre Novel saya sempat menyebutkan bahwa suatu novel bisa memiliki genre campuran.). Dark fantasy bisa juga disebut sebagai supernatural horror. Namun dark fantasy tidak hanya berhubungan dengan cerita fantasi-horor. Cerita dengan tokoh utama yang tidak memiliki sifat kepahlawanan atau moral yang ambigu bisa dikategorikan sebagai dark fantasy. Contoh novel dark fantasy antara lain, Coraline oleh Neil Gaiman, The Gunslinger oleh Stephen King, dan The Blade Itself oleh Joe Abercrombie.

Cyberpunk

Novel cyberpunk umumnya berkisah tentang dunia dengan teknologi serba canggih, tapi kehidupan sosial manusia di dunia tersebut justru mengalami kemerosotan. Konflik di dalam novel cyberpunk berhubungan erat dengan perusahaan raksasa, kecerdasan buatan, hacker, serta kehidupan radikal masyarakat. Contoh novel dengan sub genre cyberpunk antara lain, Altered Carbon oleh Richard K. Morgan, Ready Player One oleh Ernest Cline, Blade Runner oleh Philip K. Dick.

Biopunk

Biopunk menceritakan tentang revolusi bioteknologi sebagai konsekuensi dari kemajuan teknologi rekombinasi DNA. Pada umumnya subgenre ini mengisahkan tentang seseorang atau kelompok melawan pemerintah atau perusahaan raksasa yang memegang kendali terhadap kehidupan sosial atau mengambil keuntungan besar-besaran. Kebanyakan tokoh dalam novel biopunk adalah hasil eksperimen. Contoh karya fiksi biopunk adalah The Island of Doctor Moreau oleh H. G. Wells.

Steampunk

Subgenre steampunk sangat berkaitan erat dengan penggabungan teknologi dan desain yang terinspirasi oleh mesin tenaga uap pada industri abad ke 19. Walaupun subgenre steampunk terkadang berkaitan dengan cyberpunk, tapi steampunk memiliki setting pada abad ke 19 era Victorian atau bisa dikenal sebagai retrofuturistik. Contoh novel dengan subgenre steampunk adalah Mortal Engine oleh Philip Reeve dan The Time Machine oleh H. G. Wells.

Jadi ada tidak subgenre di atas yang baru saja kalian dengar? Iya, jika dieksplor lagi genre dan subgenre memang tidak ada habisnya. Bisa jadi kita akan menemukan genre dan subgenre yang asing di telinga kita. Semoga artikel saya ini bisa menjadi pencerahan kalian yang mau mengetahui tentang subgenre karya fiksi. Jika ada kekeliruan tentang penjelasan saya, kalian bisa meninggalkan komentar di bawah, karena saya juga sedang belajar mengenal genre dan subgenre lebih luas. Terima kasih sudah mampir dan menyimak.

You May Also Like

0 comments