Drama Korea 18 Again: Drama Keluarga yang Menyentuh

by - 3:33 PM

Baru-baru ini saya telah selesai menonton drama korea 18 Again di platform daring Iqiyi. Drama 18 Again merupakan adaptasi dari film Amerika berjudul 17 Again. Drama ini begitu kental akan hubungan keluarga dan persahabatan yang bisa dibilang relate dengan kehidupan sebagian orang. Drama tentang keluarga selalu mampu membuat hati saya tersentuh.

Drama Korea 18 Again
(sumber: AsianWiki)

Alur Cerita

Nah, sebenarnya menceritakan tentang apa sih 18 Again? Drama 18 Again berkisah tentang seorang pria berusia 37 tahun bernama Hong Dae Young (diperankan oleh Yoon Sang Hyun) yang kehidupan rumah tangganya kacau, bahkan di ambang perceraian. Suatu ketika Dae Young membuat permohonan agar ia bisa kembali kepada istrinya, Jung Da Jung (diperankan oleh Kim Ha Neul), walaupun sebenarnya tidak sesederhana itu. Lalu, seusai meminta permohonan itu, ia tiba-tiba kembali ke wujud ketika usianya 18 tahun (Dae Young muda diperankan oleh Lee Do Hyun).

Setelah kembali muda, awalnya Dae Young berniat kembali meraih impiannya sebagai pemain basket yang sempat tertunda, karena harus menikah muda. Namun, ketika ia kenal dan lebih dekat dengan anak-anaknya di sekolah sebagai teman (Dae Young menyamar sebagai Woo Young), ia sadar bahwa ia harus memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Selama itulah banyak hal yang tidak pernah ia ketahui tentang istri dan anak-anaknya (Hong Shi Ah dan Hong Si Woo) terkuak.

Adegan kilas balik dalam 18 Again ini turut menjadi pelengkap, bagaimana semuanya bermula. Penonton diajak untuk bernostalgia ketika Dae Young dan Da Jung muda. Ada kejadian-kejadian yang begitu manis, tapi juga kelewat pahit. Banyak hal yang Dae Young ataupun Da Jung sembunyikan ketika mereka menikah, hanya karena berpikir untuk menjaga perasaan masing-masing. Pada akhirnya ketidakjujuran tersebut membuat mereka terluka. Prasangka dan spekulasi bahkan memperburuk keadaan.

Sibuk bekerja demi bertahan hidup, sibuk bertengkar satu sama lain dan menutupi perasaan masing-masing, Dae Young dan Da Jung pun lalai dalam perannya sebagai orang tua bagi Shi Ah dan Si Woo yang menginjak remaja. Mereka tidak tahu apa yang anak-anaknya inginkan dan alami di sekolah. Anak-anaknya pun menjaga jarak, karena merasa mereka adalah beban orang tua. Setiap kali Dae Young dan Da Jung bertengkar, itu begitu melukai hati Shi Ah dan Si Woo.

Ada satu quote yang saya ingat sekali, "Orang tua yang bahagia akan membesarkan anak-anak yang bahagia." Saya sependapat. Kenyataannya Dae Young dan Da Jung mengalami banyak kepahitan. Namun, di antara kejadian pahit tetap ada hal manis. Dan itu adalah kekuatan untuk tetap bertahan.

Karakter

Menurut saya di drama 18 Again ini banyak karakter yang lovable, sehingga saya kesulitan memilih mana yang terbaik. Setiap karakter memiliki perkembangan yang unik dari awal cerita hingga akhir. Lalu, atribut-atribut yang melekat pada karakter juga beralasan dan bisa menggerakkan cerita. Contohnya sifat overprotective Dae Young kepada anak-anaknya. Itu disebabkan, karena Dae Young ingin anak-anaknya hidup lebih baik daripada dirinya. Lalu, sifat tertutup Shi Ah dan Si Woo disebabkan karena mereka tahu, bahwa orang tua mereka tidak mau mendengarkan pendapat mereka. Semua selalu berakhir dengan pertengkaran.

Selain karakter utama, karakter pendukung di 18 Again ini juga menarik banget. Kisah Ye Ji Hoon si pemain baseball yang naksir Da Jung ini sangat menyentuh. Ternyata apa yang diberitakan di media berita tentang sifat Ji Hoon begitu jauh dengan kenyataan sesungguhnya. Lalu, kisah percintaan sahabat Dae Young yang bernama Deok Jin dengan Bu Ok (guru di SMA Serim) itu kocak dan menyentuh. Hingga kisah Ja Sung (diperankan oleh Hwang In Yeop)—teman sekelas Shia Ah yang merupakan perundung Si Woo—pun dijelaskan, kenapa ia bersikap kasar dan sewenang-wenang.

Semua karakter pendukung di 18 Again itu memiliki fungsi yang pas dan tidak sia-sia keberadaannya. Bahkan direktur JBC yang menyebalkan di tempat Da Jung bekerja pun punya fungsi tersendiri.  Oh iya, ada lagi satu karakter yang lebih menyebalkan daripada direktur JBC, yaitu guru olah raga, Il Kwon. Il Kwon ini asli ngeselin, tapi ya keberadaannya memang berpengaruh ke alur dan melengkapi.

Ending

Saya tidak akan spoiler ending 18 Again bagaimana, tapi overall saya puas dengan ending 18 Again. Semua pertanyaan dalam cerita terjawab dengan cara yang masuk akal, walaupun masih agak penasaran dengan bapak tua pelanggan jasa perbaikan mesin cuci yang sempat Dae Young tangani.

Satu hal lagi, saya suka banget dengan soundtrack di drama 18 Again. Terutama Hello yang dinyanyikan oleh Sohyang dan Somebody oleh Clara C. Rasanya terenyuh dengerin lagu itu.

You May Also Like

0 comments