Fiksi yang Saya Tulis September - Oktober

by - 10:46 PM


Di akhir bulan September saya menulis dua cerpen dan satu novel. Tujuannya untuk ikutan kompetisi dan latihan nulis tentu saja. Cerpen pertama yang saya selesaikan berjudul Reverse dengan genre fantasi. Reverse saya tulis untuk lomba yang diselenggarakan oleh penerbit indie Inspo Creative. Syarat halaman cerpen lumayan banyak sejumlah 16 halaman tidak boleh lebih atau kurang.


Cerpen kedua yang saya selesai tulis berjudul Pejuang Penantian di Kota Mati. Cerpen tersebut saya tulis untuk mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Hipwee. Gara-gara ikut kompetisi tersebut, saya jadi tahu ternyata siapa pun bisa berkontribusi nulis di Hipwee. Selama ini kenalnya dengan blog dan writing platform kayak GWP, Storial, Wattpad. Di Hipwee artikel yang ditulis tidak langsung terbit, ada tahapan penyuntingan oleh editor. Apakah artikel sudah layak atau belum, karena ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti saat mengunggah artikel.



Cerpen Pejuang Penantian di Kota Mati ini menyesuaikan tema dari Hipwee, yaitu ‘Menunggu’. Awalnya bingung mau dibuat seperti apa, menunggu itu kan banyak ya, menunggu kepulangan seseorang; pekerjaan; calon suami/istri; dan hal-hal yang diharapkan lainnya. Genrenya kebetulan juga bebas, jadi banyak eksplorasi. Syukurlah saya selesai menulisnya sebelum date line berakhir di tanggal 9 Oktober. Silakan kunjungi link berikut kalau mau membaca Pejuang Penantian di Kota Mati.



Nah novel yang saya tulis di akhir September dan sekarang masih lanjut, berjudul Pembunuh Bayaran. Novel Pembunuh Bayaran saya tulis untuk mengikuti kompetisi Storial dengan tema Dark Secret. Sudah kebayang dong ceritanya bakal kelam. Genre yang masuk ke kompetisi Dark Secret ini adalah horor, thriller, dan misteri. Yang kelam gini genre favorit saya banget, mana mungkin saya lewatkan. Saya pilih genre thriller (padahal sih belum pernah nulis thriller), walaupun mungkin Pembunuh Bayaran ini bisa masuk ketiga genre tersebut. Kalau penasaran dengan cerita ini bisa klik di sini.


Kompetisi Storial Dark Secret berakhir di akhir Oktober 2019, jadi buruan yang tertarik ikutan. Kalian bisa periksa syarat-syaratnya di blog Storial.



Ngomong-ngomong, selain genre favorit di Dark Secret ini tantangannya luar biasa menurut saya. Apa lagi kalau bukan jumlah kata yang minimal 35.000 kata. Kalau sudah punya naskah lumayan ya, tidak ngos-ngosan banget. Kalau yang belum? Mari maraton bareng-bareng!



Saya termasuk yang tidak bisa sekali nulis langsung bagus atau kalau buru-buru sudah pasti ancur. Tapi nulis tetap dibawa enjoy, karena sejatinya nulis untuk kesenangan dan ketenangan. Semoga saya bisa menyelesaikan novel Pembunuh Bayaran tepat waktu (berdoa).



Sebenarnya ada satu novel lagi yang saya selesaikan tanggal 3 September, tapi itu prosesnya lama banget. Diceritain lain waktu saja kalau menang lomba (Amin amin amin).



Sudah nulis apa sajakah kalian di bulan September - Oktober ini? Komentar di bawah ya. Terima kasih sudah berkunjung.

You May Also Like

0 comments