Book Talk Festival Kota Lama Semarang

by - 2:52 PM

Festival Kota Lama Semarang diadakan dari tanggal 12 - 22 September 2019. Festival ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah Kota Lama Semarang, seni dan budaya, serta kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Ada beberapa program yang lokasinya tersebar di seluruh area Kota Lama. Program-program tersebut adalah jelajah Kota Lama, line dance on the street, book talk, pemutaran dan diskusi film Kucumbu Tubuh Indahku, indische parade, pasar sentiling, street art performance, workshop dan talkshow, aksi sosial, sketch carnival, kids fun, pameran Jepara, Holland spreken, jalan sehat alzi, lomba lari berjarik, dan eksplor rasa. Banyak banget, kan?

Sebagai warga Semarang saya tentu bangga dan senang ada acara semacam ini. Harapan saya Festival Kota Lama Semarang bisa diadakan secara rutin setahun sekali. Banyak sekali pembelajaran yang bisa diperoleh dalam program-program di festival tersebut. Salah satu program yang saya ikuti adalah book talk.

Program book talk diikuti oleh penulis-penulis buku non fiksi maupun fiksi, yaitu Wiwien Wintarto, Handry T.M., Sulis Bambang, Dian Nafi, Muhajir Arrosyid, Nara Lahmusi, Risma Ridha, Niken Hergaristi, Bambang Iss Wirya, Malikul Alam, dan Wesiati Setyaningsih. Book talk berlokasi di Amphitheater Oudetrap. Sesi setiap penulis berlangsung di hari yang berbeda-beda.
Book Talk Festival Kota Lama
Dokumentasi pribadi ©

Saya menghadiri sesi tanggal 18 September 2019. Buku yang dibicarakan adalah a Sky Full of Stars karya Nara Lahmusi, Happy Birth-die karya Risma Ridha Anissa, dan Komorebi karya Niken Hergaristi. Ketiganya adalah novel yang berkisah tentang dunia remaja.

A Sky Full of Stars berkisah tentang Raya Angkasa yang seorang anak cleaning service, tapi memiliki cita-cita setinggi langit, yaitu kuliah di Kedokteran UI. Dia berusaha sekuat tenaga untuk menggapai mimpinya itu dengan menjadi guru privat bagi anak-anak tajir di sekolahnya. Namun mendadak hidupnya rumit ketika dia berurusan dengan kakak-adik dari keluarga Mahashakti. Bukan hanya urusan pelajaran, tapi Raya juga terlibat urusan perasaan dan pertaruhan.

Berbeda dari novel a Sky Full of Stars, novel Happy Birth-die dibumbui dengan genre horor. Happy Birth-die berkisah tentang Pijar yang dianggap misterius oleh teman-temannya karena penampilannya. Dia dikenal memiliki ekspresi wajah datar, tidak pernah tersenyum, dan seram. Oleh sebab itu dia mendapat julukan zombie. Siapa yang sangka bahwa Pijar memiliki kemampuan bisa melihat tahun kematian seseorang saat berulang tahun. Apesnya Heksa harus berurusan dengan Pijar dalam acara sekolah. Lambat laun Heksa dekat dengan Pijar dan dia juga mengetahui kemampuan cewek itu. Fakta tersebut membuat hari-hari mereka dipenuhi ketegangan.

Novel Komorebi berkisah tentang Arimbi yang mengidap lupus. Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Sebuah film memberikan gagasan baru bagi Arimbi tentang hidupnya. Daripada dia terus meratapi takdir lebih baik dia mempersiapkan diri dan berbahagia sebelum mati.

Apa sih komorebi? Komorebi diambil dari bahasa Jepang yang artinya momen ketika cahaya matahari menembus pepohonan. Dalam novel Komorebi si tokoh utama menyukai momen tersebut. Di balik novel Komorebi ada cerita sedih. Rupanya penulis terinspirasi dari temannya yang mengidap lupus.

Menurut saya ide ketiga novel tersebut menarik. Ketiganya sama-sama mengajarkan bahwa kita harus mencintai diri sendiri dulu atau jangan rendah diri. Tentu masih banyak nilai yang bisa dipetik dari ketiga buku tersebut. Jika kalian penasaran silakan membelinya di toko-toko buku terdekat.

Acara book talk di Festival Kota Lama itu bagus banget, sayangnya memang tidak seramai acara lain, pasar sentiling misalnya (ramainya itu lho haha…). Namun ini awal yang bagus, bahwa banyak pihak yang masih concern dengan buku, budaya membaca, dan kiprah penulis-penulis lokal. Semoga dunia sastra Indonesia bisa lebih maju lagi dan budaya membaca terus meningkat.

Terima kasih sudah berkunjung di Melalui Ruang, jangan lupa bagikan dan tinggalkan komentar.

You May Also Like

0 comments