Review Buku Kumcer The Humble Comma

by - 12:00 PM

Pukul 15:51 WIB tanggal 17 Juli 2019 baru saja selesai membaca The Humble Comma
Penulis: Aci Baehaqie
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Tahun terbit: 2019
Halaman: 283

Blurb
Koma hadir sebagai jeda
Jeda untuk bernapas
Jeda untuk berpikir sejenak
Koma selalu dibutuhkan manusia, walau kerap dilupakan
Berbeda dengan titik
Semua orang akan bertemu bila saatnya tiba
Namun, tidak semua orang beruntung berjumpa dengan koma
Tidak setiap orang diberi jeda dalam hidupnya
Di tengah hiruk pikuk, koma memberikan sebuah arti
Di tengah sibuk, koma mengembalikan arti kita sebagai manusia

Cerita tentang pertemuan dengan sebuah jeda dan 12 cerita lain mengenai pahit dan manisnya hidup…
***
Kumpulan Cerita The Humble Comma
The Humble Comma ©

Suka sekali dengan blurb The Humble Comma, setuju juga dengan kata-kata tersebut. Seringnya manusia terus berlari, lupa untuk berhenti dan mengambil napas. Nah kali ini simak ulasan saya tentang buku The Humble Comma.

Buku The Humble Comma adalah kumpulan cerita pendek yang hadir dengan kisah-kisah sederhana yang kadang kita abaikan dan kisah-kisah kompleks yang menggetarkan. Ditulis dengan kalimat yang mudah dipahami dan kadang disisipi kritik-kritik ataupun keresahan-keresahan. Tidak jarang hal-hal tersirat juga menghiasi setiap kisah.

Terkadang saya suka dengan hal-hal yang tidak gamblang dalam buku ini, karena memberikan ruang bagi pembaca untuk berimajinasi, berpendapat, bahkan berspekulasi. Tapi ada juga cerita yang saya harapkan bisa memiliki close ending.

Dari 13 kisah-kisah yang tertuang dalam The Humble Comma, Pendosa yang Menangis adalah favorit saya. Adanya potongan-potongan kaset itu memang ide yang bagus, sangat mendukung alur cerita. Beberapa kisah masih bisa dikembangkan dan saya rasa akan menarik jika dibuat versi novelnya. 

Selama membaca saya mencoba membuat playlist, yang mana kebiasaan tersebut tidak pernah saya lakukan. Biasanya saya mendengarkan lagu secara random. Ternyata seru juga membuat playlist khusus untuk membaca novel tertentu. Berikut ini lagu-lagu yang saya dengarkan:

Daramuda - Growing Up
Banda Neira - Hujan di Mimpi
Banda Neira - Matahari Pagi
Banda Neira - Biru
Banda Neira - Langit dan Laut
Yiruma - River Flows in You

Sekian ulasan buku oleh Melalui Ruang. Tunggu ulasan-ulasan lainnya dan jangan lupa tinggalkan komentar. Terima kasih.

You May Also Like

0 comments