Challenge Myself! Ikut Lomba Nulis HappyGirl

by - 8:13 PM

Ini ada apa sih pada ngomongin Happy Girl? Itulah yang terlintas di benak saya waktu berselancar di Twitter atau baca grup Whatsapp. Langsung klik URL yang dibagi sama teman deh. Oh ternyata Storial lagi mengadakan lomba menulis Teenlit yang temanya Happy Girl. (Yang mau tahu info lebih lanjut tentang lomba menulis Storial bisa klik di sini )

Sejujurnya setelah baca aturannya saya mikir keras seharian, cuma untuk menemukan ide yang pas. Disebutkan juga selain tema Happy Girl, novel tersebut juga harus mengandung moral value yang mencerdaskan generasi muda. Jadi tidak melulu cinta cintaan. Novel Teenlit memang ringan, tapi bagi saya ini tantangan besar.

Pertama, novel ini harus diselesaikan selama sebulan. Seingat saya, saya belum pernah nulis novel sampai tamat hanya dalam waktu sebulan. Ditambah lagi saya acak-acak draft di laptop dan tidak ada tema yang nyangkut. Otomatis saya harus nulis dari awal, bikin premis, menentukan opening-closing, landmark, subplot, terus dirangkai jadi outline. Masih memeriksa ada keanehan tidak, kadang kan saya gesrek alurnya suka berantakan, hahaha…

Kedua, tema Happy Girl yang berarti tokoh itu harus ceria, memiliki aura positif, apa lagi ini Teenlit berarti harus remaja banget. Sementara itu, saya kan kalau bikin cerita ada saja gitu sentuhan creepy-nya (Ya kan saya suka misteri dan horor) atau bikin konflik yang lumayan berat (Terus kesasar sendiri). Serba bertolak belakang pokoknya. Selain itu karena saya sudah tidak remaja lagi takutnya jadi kurang luwes dalam menyampaikan cerita.

Namun justru tantangan-tantangan tersebut yang membuat saya ingin terus maju, menantang diri saya keluar dari zona nyaman. Banyak kok yang bisa nulis novel sebulan selesai, kenapa saya tidak? Banyak juga yang bisa nulis novel Teenlit yang tidak hanya ringan tapi juga mengandung pesan moral, kenapa saya tidak?

Jadi saya putuskan untuk ikut kompetisi menulis yang diadakan Storial dan Nulis Buku. Sayang banget kan lomba menulis sekece ini dilewatkan, apa lagi jika menang bisa mendapat kesempatan novel diterbitkan. Ini sih yang saya incar, karya saya bisa diterbitkan.

Mari ramaikan kompetisi menulis ini kalian yang memiliki impian menjadi penulis. Jangan cuma simpan karya di komputer untuk diri kalian sendiri. Sudah banyak platform menulis online sebagai wadah, silakan diupload di sana. Dan, jangan lupa mampir ke cerita saya: Paint Your Heart

Kasih komentar kalian, kalau suka dikasih bintang, syukur-syukur disubscribe. Thank you.

You May Also Like

2 comments

  1. saya kira Happygirl salah satu grup Vokal asal negara seberang saya tadi lho mbak,

    ReplyDelete