Melawan Writer's Block

by - 8:00 AM

Cara Mengatasi Writer's Block

Siapa sih yang tidak pernah mengalami writer's block, mostly orang-orang yang melakukan kegiatan menulis pasti pernah mengalami ini. Termasuk saya. Saya akan membagikan bagaimana cara saya mengatasi writer's block yang datangnya tidak sekali dua kali. Beberapa cara mungkin bisa berhasil atau tidak bagi kalian, semuanya kembali ke individu masing-masing.


Mencari Suasana Baru
Kadang jika tempat kerja kita di situ-situ saja terus akan muncul rasa jenuh yang mungkin bisa berakibat pada kinerja saat menulis. Saya sempat mencoba untuk menulis di tempat lain, misalnya kedai kopi atau yang sederhana ubah saja lokasi menulis yang ada di rumah. Tadinya menulis di meja kerja bisa pindah ke ruang tengah, ruang tamu, atau teras. Iya sesimpel itu. Intinya mencari suasana baru yang nyaman.


Membaca
Sudah dipaksa-paksa mau nulis tapi tetap tidak bisa, berhenti dulu. Saya sendiri bisa melakukan banyak aktivitas lain, salah satunya membaca buku. Mengingat membaca buku juga bisa menambah kosa kata, kita juga bisa membedah buku yang kita baca. Dari situ siapa tahu kita menemukan trik untuk menulis. Tidak hanya membaca buku, kalian juga bisa membaca artikel-artikel di internet. Bisa jadi kalian menemukan ide, lalu bisa lanjut menulis lagi.


Menonton Film
Ini refreshing banget, tapi jangan keterusan tulisannya dianggurin kelamaan kan kasihan dia penginnya diapelin (Ya ampun joke-ku receh). Seperti membaca, menonton juga bisa membantu kita menemukan inspirasi yang mungkin diperlukan untuk tulisan kita. Nonton film-film komedi juga bisa menghilangkan stress yang ditimbulkan karena tak kunjung menemukan ide untuk menulis atau stuck.


Melakukan Hobi Lain
Selain membaca dan menonton film kalian bisa melakukan hobi lainnya, contohnya olahraga, menggambar, memasak, mendaki gunung, dll. Kalau saya pribadi paling menggambar, walaupun tidak jago tapi lumayan membuat recharge pikiran buat nulis. Kadang olahraga dan masak juga. Paling suka olahraga badminton atau naik sepeda keliling kompleks.


Mengingat Kembali Komitmen Awal
Apa tujuan kalian menulis? Ingat itu baik-baik. Cuma mau ikut-ikutan orang lain atau karena memang suka nulis dan ada impian yang menunggu untuk diwujudkan. Kalau kalian tidak memiliki alasan kuat, coba merenung dulu deh. Saya memiliki impian untuk menjadi penulis fiksi, jadi kalau ada kompetisi saya berusaha untuk selalu berpartisipasi. Ok minimal saya punya rencana dan naskah. Nah tinggal prosesnya saja gimana. Tentu writer's block kadang mampir. Saya mengingatkan kembali pada diri saya, “Pokoknya saya harus ikut kompetisi ini!”. Walaupun hasilnya tidak seperti yang saya harapkan, at least saya menyelesaikan naskah saya. Saya bisa melatih diri saya untuk rutin menulis. Saya bisa belajar dari kesalahan, lalu memperbaiki tulisan saya.


Diskusi Bersama Teman
Memotivasi diri sendiri mungkin sulit atau tidak selalu berhasil, nah saatnya kalian membutuhkan bantuan orang lain. Kalian bisa hangout bareng teman ngobrol banyak hal dari a sampai z. Melalui interaksi dengan teman ketegangan dalam diri kalian bisa hilang. Teman kalian mungkin bisa memberikan inspirasi ataupun semangat.


Kira-kira itu hal-hal yang biasanya saya lakukan untuk mengatasi writer's block. Saya bisa mengatasi writer's block, kalian pasti juga bisa. Jangan menyerah atau berpikir tidak bakat menulis, tetaplah menulis. Orang bisa menjadi pro itu karena latihan.


Jangan lupa tinggalkan komentar, komentar kalian sangat berarti buat saya. Terima kasih telah berkunjung.

You May Also Like

0 comments