Review Film Dear Ex (Kepada Mantan)

by - 9:20 PM

Kalau tidak salah saya lihat trailer Dear Ex di channel You Tubenya Netflix, langsung tertarik sama plot ceritanya. Ya, Dear Ex merupakan original film dari Netflix. Film berbahasa China ini release tahun 2018, berkisah tentang seorang remaja yang terjebak dalam perseteruan ibunya dengan seorang lelaki yang menjadi pewaris asuransi ayahnya. Rupanya lelaki itu juga merupakan kekasih ayahnya.

Saya speechless sama tokoh Liu Sanlian (diperankan oleh Ying-Xuan Hsieh). Dia benar-benar menggambarkan sosok Ibu yang cerewet, rela melakukan apa pun bahkan hal memalukan demi masa depan anaknya. Song Chengxi (diperankan oleh Joseph Huang) sampai kesal dengan ibunya yang super cerewet dan berisik itu. Sanlian saya gambarkan sebagai tokoh yang depresi karena rumah tangganya yang berantakan, mungkin itu yang membuat dia jadi uring-uringan. Sementara itu Chengxi tumbuh menjadi anak yang introvert dan suka cari masalah. Terbukti dengan teman-temannya yang takut sama dia.

Bagaimana dengan sosok Ayah dan pacarnya? Song Zhengyuan (diperankan oleh Spark Chen) sosok Ayah yang misterius menurut saya, sebelum semuanya terkuak. Sementara itu pacarnya, Jay, seorang sutradara teater yang tidak kalah bermasalah hidupnya. Sanlian dan Chengxi selalu berpikir Jay adalah orang jahat. Jay sudah mengambil sosok suami sekaligus ayah dalam keluarga kecil yang mereka anggap bisa bahagia.

Tak kalah keren dari akting Ying-Xuan, Roy Chiu sebagai Jay aktingnya juga keren. Ketika saya lihat interaksi antara Jay dan Zhengyuan, itu seperti asli. Saya agak merinding sebenarnya dengan tatapannya Jay ke Zhengyuan. Tahulah ya tatapan yang berbicara, hahaha…

Seperti yang kita ketahui kalau suka sesama jenis itu masih tabu banget di Indonesia. Tapi, di Dear Ex saya melihatnya sebagai hubungan partner yang saling dukung. Saya bahkan sempat meneteskan air mata waktu adegan flashback. Duh saya tidak antisipasi sama adegan sedih. Tadinya saya kira film ini lebih banyak komedinya.

Saya menggambarkan tokoh Jay yang kelihatannya jahat dan cuek, tapi sifat aslinya benar-benar berbeda dari apa yang terlihat (Jadi, jangan suka menghakimi orang tanpa tahu lebih dalam.). Bahkan saat Chengxi kurang ajar dengan ibunya karena jengkel, Jay memarahinya. Di film Dear Ex ini Jay justru seolah jadi penengah antara Chengxi dan Sanlian.

Selain karakter tokoh-tokohnya yang kuat, saya suka narasi pembuka oleh Chengxi. Chengxi bilang kalau orang dewasa berusaha menutup-nutupi sesuatu dengan mengatakan hal yang tidak masuk akal. Intinya Chengxi padahal sudah tahu kenyataan tentang ayahnya tapi ibunya tetap berbohong.

Durasi film Dear Ex sekitar 1,5 jam, dengan alur cerita cepat tidak akan membuat bosan. Semuanya dijelaskan dengan baik dan dari sudut pandang Sanlian, Jay, dan Chengxi. Jadi sebagai penonton kita akan paham bagaimana perasaan Chengxi sebagai anak yang keluarganya kacau, Sanlian sebagai wanita yang ditinggalkan suaminya dengan alasan yang tidak bisa dia terima, dan Jay sebagai seorang yang ‘berbeda’ harus bersembunyi dari keluarganya sendiri dan kehilangan orang yang paling dia cintai.

Gimana kalian penasaran kah? Kalau mau tahu bagaimana perjalanan Sanlian merebut asuransi dari Jay demi putranya tonton saja film Dear Ex di Netflix. Endingnya tidak terduga lho.

You May Also Like

3 comments

  1. Kayaknya keren nih, nanti nonton deh kalau sempet hehehe Thankyou udah rekomendasi film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa siapin tisu pas nonton kalau termasuk gampang nangis. 😁

      Delete
  2. keren nih film.. cerita tentang mengiklaskan dan menerima kenyatan hidup,

    ReplyDelete