Review Film Swing Kids 2018 Dibintangi DO EXO

by - 2:35 PM

Seperti biasa kalau mau nonton film bagi saya wajib nonton trailernya dulu, harus cari tahu tentang apa film yang akan ditonton. Setelah nonton trailer Swing Kids saya benar-benar tertarik dengan film ini. Ditambah pemain utamanya adalah Do Kyung Soo atau dikenal juga sebagai D.O. member boy band Exo. Menurut saya Kyungsoo memiliki kemampuan akting yang bagus. Selain hal itu alasan saya tertarik nonton Swing Kids, karena terlihat sangat menjanjikan dengar latar kamp tahanan perang. Entah kenapa ketika nonton trailernya saja saya bisa menangkap nilai di balik film ini.

Plot dan Pesan Moral Swing Kids

Swing Kids tayang Desember 2018 di Korea Selatan dan baru tayang di Indonesia tahun 2019. Film ini bercerita tentang kehidupan Rho Ki Soo sebagai tahanan perang di kamp Pulau Geoje. Di Kamp tersebut dibagi jadi anti-komunis dan pro-komunis. Di tempat yang harusnya terasa seperti neraka Ki Soo menemukan sebuah harapan melalui tarian tap, ketika Sersan Jackson membentuk sebuah tim tari. Selain Ki Soo tiga anggota lainnya juga memiliki tujuan kenapa mereka menari dan bersama-sama mereka berusaha mewujudkannya.

Film ini diperankan oleh Do Kyungsoo sebagai Rho Ki Soo yang berasal dari Korea Utara, Park Hye Soo sebagai Yang Pan Rae yang berasal dari Korea Selatan, Jared Grimes sebagai Sersan Jackson yang tentu saja berasal dari Amerika, Kim Min Ho sebagai Xiao Fang yang berasal dari China, dan Oh Jung Se sebagai Kang Byung Sam berasal dari Korea Selatan.

Ok, kenapa saya repot-repot mengenalkan mereka satu per satu bahkan sampai kewarganegaraannya juga? Cuma mau menunjukkan saja kalau mereka berlima beragam dan bisa bersatu karena tarian. Itu sungguh menenangkan hati. Di film Swing Kids juga menyinggung tentang isu rasis, yang menurut saya hingga saat ini masih terjadi di beberapa belahan dunia.

Perang selalu meninggalkan penderitaan dan kesedihan, itu juga yang terlihat di dalam film Swing Kids. Para tawanan hanya ingin perang berakhir sehingga mereka bisa pulang kepada keluarga mereka. Bagi saya film ini meninggalkan kesan dan pesan yang sangat mendalam.

Para Tokoh dalam Swing Kids

Selain pesan yang kuat, kalian akan dibuat takjub dengan kemampuan menari para aktornya. Saya yakin tap dance tidaklah mudah, para aktor pastilah berlatih sangat keras untuk bisa menari sebagus itu. Big applause.

Seperti yang saya duga sejak awal akting Kyungsoo pun sangat memukau. Sebagai seseorang yang berjiwa nasionalis Ki Soo mengalami pergolakan antara menjadi pahlawan bagi bangsanya atau menari sesuai keinginan hatinya (Bagi orang Korea Utara budaya barat itu tidak bisa mereka terima dan tap dance jelas berasal dari Amerika.). Menurut saya Kyungsoo berhasil menjadi Ki Soo yang penuh pergolakan.

Untuk film Swing Kids saya tidak bisa memilih karakter mana yang paling saya sukai. Menurut saya kelima pemain utama memiliki karakter yang kuat. Bahkan Xiao Fang yang lebih banyak diam pun juga. Xiao Fang berhasil menunjukkan ia ingin menari karena itu memang passionnya. Tapi sempat disebut juga oleh Ki Soo kalau Xiao Fang menari karena ingin kurus. Sementara itu Byung Sam ingin menari demi mencari istrinya yang sempat terpisah. Sepertinya istri Byung Sam ini berbeda kewarganegaraan apa gimana, saya kurang ngerti juga.

Saya juga suka Pan Rae. Ia menggambarkan kekuatan seorang wanita, apalagi di tengah kesulitan hidup karena perang. Ia banyak bekerja keras dan seorang yang pintar. Ia bisa berbicara dalam empat bahasa.

Jackson sebagai seorang kulit hitam juga mengalami ketidakadilan oleh bangsanya sendiri. Ia dikirim ke Geoje tentu karena rekan-rekannya yang berkulit putih tidak menyukainya. Tapi tidak seperti prajurit lain, saya melihat ketulusan dari Jackson. Saya sangat tersentuh ketika ia menyapaikan kata pembuka sebelum melakukan pertunjukan. Intinya semua orang bisa mencapai impian mereka, jika tidak ada perang.

Pada akhirnya film Swing Kids ini worth it untuk ditonton. Apakah kalian juga sudah nonton? Silakan tinggalkan komentar kesan dan pesan apa yang kalian peroleh setelah nonton film ini.

You May Also Like

2 comments

  1. lumayan juga nih kyknya filmnya cukup menarik juga untuk di tonton hehehe...

    ReplyDelete