4 Platform Menulis Online yang Populer

by - 12:56 PM

Saat ini banyak platform menulis online yang bisa dijadikan wadah untuk menulis. Empat di antaranya yang populer di Indonesia adalah Wattpad, GWP, Storial, dan Sweek. Menulis di platform memiliki kelebihan tersendiri. Kita bisa melatih kemampuan menulis, langsung tahu gimana respon pembaca, bisa punya banyak kenalan atau partner yang mungkin punya selera bacaan sama, kalau karya kita bagus bisa dilirik editor. Kelebihan yang terakhir pastinya yang diimpikan banyak orang yang bercita-cita jadi penulis (Saya juga.).

Intinya banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari menulis. Contohnya saya sempat mengikuti kompetisi menulis di GWP dan saya bisa mengikuti pelatihan menulis yang dimentori oleh penulis-penulis hebat. Kalian bisa membaca lebih lanjut pengalaman saya mengikuti kelas menulis tersebut di sini. Selanjutnya simak ulasan saya tentang keempat platform menulis online yang populer berikut.

Wattpad

Siapa yang tidak tahu Wattpad sih, pasti nama ini sudah tidak asing di telinga kalian. Banyak buku yang terbit awalnya berasal dari Wattpad. Beberapa buku bahkan tertulis di sampulnya ‘sudah dibaca sekian juta kali di Wattpad’. Tapi saya sendiri baru baca satu buku yang memang awalnya di tulis di Wattpad (Resign karya Almira Bastari).

Meskipun saya memiliki akun di Wattpad, tapi akun saya tampaknya sudah lumutan. Cuma kadang-kadang saja log in kalau mau baca cerita punya teman. Entahlah saya kurang suka dengan interface Wattpad, mungkin saya yang kurang canggih.

Bulan lalu saya sempat ketemu sama teman-teman buat sharing. Kebetulan salah satu teman masuk 10 besar kompetisi menulis bergengsi dan harus posting cerita di Wattpad. Pasaran cerita fiksi di Wattpad sepertinya kebanyakan dari kalangan remaja. Dan, para remaja itu lebih suka dengan cerita yang renyah serenyah kerupuk dan bahasa santai. Buat kami yang sudah terlalu tua dan selalu kepikiran kata baku KBBI kurang nyampe deh. Hahaha… Namun, bagi kalian yang suka menulis genre lain tidak masalah, platform ini patut dicoba. Pembacanya juga lebih banyak daripada tiga platform lainnya. Jadi kalau bisa promosi dengan baik dan saling kunjung pasti tulisan tetap ramai dibaca.

GWP (Gramedia Writing Project)

Dibaca dari namanya saja sudah tahu ya platform menulis online ini milik PT. Gramedia Pustaka Utama. Banyak juga lho novel terbitan Gramedia berawal dari posting di platform ini. Bahkan Gramedia juga rutin membuat kompetisi menulis, GWP batch 1 - 3, saya sendiri mengikuti yang batch 3.

Jika sasaran penerbit yang kalian ingin tembus adalah Gramedia, saya sarankan rajin posting cerita di GWP dan jangan lupa mention ke twitter GWP. Siapa tahu ada editor yang lagi jalan-jalan di situs tsb lihat cerita kamu menarik.

Dibandingkan sama Wattpad saya lebih aktif bikin cerita di GWP. Di GWP saya sudah nulis tiga cerita, lumayanlah. Berbeda dengan tiga platform lainnya, di GWP tidak ada sistem follower, like, notification. Jadi tampilan cerita yang diterbitkan hanya rating, viewer, dan comment; yang menurut saya itu justru lebih simple. Saya juga suka interfacenya. Hanya saja karena tidak ada sistem follow dan subscribe, maka kita tidak tahu kapan cerita yang kita suka update kecuali kita rajin memeriksa judul cerita tersebut.

Storial

Storial juga memiliki sistem yang berbeda. Cerita yang diterbitkan di Storial bisa dibuat berbayar mulai dari bab 6. Jika bab berbayar kalian ada yang baca, maka kalian akan mendapat royalti yang berupa koin. Minimal penarikan royalti adalah 800 koin. Ini hampir mirip sama Cabaca sih, kalau Cabaca istilahnya kerang bukan koin.

Sebaliknya jika kalian ingin membaca bab yang berbayar kalian harus membayar menggunakan koin. Kalian bisa mengisi koin kalian melalui transaksi ATM atau kartu kredit. Harga koin paling murah adalah Rp. 20.000; untuk mendapatkan 100 koin dan yang termahal Rp. 125.000; untuk mendapatkan 800 koin.

Tapi untuk penulis yang belum populer jangan dulu deh bikin bab berbayar. Saya sendiri baru menulis tiga cerita dan belum ada yang saya buat berbayar karena memang cuma mau share karya saya (Juga belum populer haha…). Penulis populer macam Bernard Batubara juga menulis di Storial. Banyak penulis yang sudah punya buku tetap menulis di platform ini.

Sweek

Awal saya tahu Sweek karena ada kompetisi yang diadakan di Grasindo tahun 2018. Sweek ini terbilang baru karena baru launching tahun 2016. Seperti Wattpad, Sweek juga berbasis internasional.

Sama dengan Wattpad dan Storial, Sweek memiliki sistem follower, like, rating, dan comment. Kalian juga bisa mengikuti cerita yang kalian sukai, tapi istilah yang dipakai di sini bukan subscribe tapi follow cerita. Di Sweek juga tidak ada cerita berbayar sejauh yang saya tahu.

Fitur lain yang dimiliki Sweek adalah self publishing. Cerita yang kalian terbitkan di Sweek bisa dibukukan dan dijual secara online melalui channel kalian, website atau media sosial. Saya belum pernah coba sih self publishing di sini, jadi kurang tahu detailnya.

Sweek juga mengadakan kompetisi rutin, bisa kolaborasi dengan penerbit bisa juga dari Sweek sendiri. Kalau kompetisi dari Sweek biasanya hadiahnya dalam dolar. Kompetisi menulis saat ini yang masih berjalan adalah #MikroBumi, yaitu menulis flash fiction tentang Bumi. Hadiahnya lumayan 50 dolar.

Nah itu keempat platform menulis online yang populer di Indonesia. Saya punya akun di masing-masing platform tersebut dan sejauh ini saya lebih suka posting di GWP dan Storial, meskipun tidak serame Wattpad. Di Sweek akhir-akhir ini baru posting dua flash fiction, tadinya ada satu novel tapi karena mau coba dimasukin ke penerbit jadi saya unpublished.

Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang keempat platform tersebut bisa tinggalkan di kolom komentar. Kalau saya tahu pasti saya jawab. Terima kasih.

Silakan mampir ke akun saya:
Sweek: WenniPratiwi
Storial: WenniPratiwi
Wattpad: WenniPratiwi

You May Also Like

3 comments

  1. nice info. semua asing bagi saya... tapi Wattpad baru sy tau beberapa waktu yg lalu saat mengubrak-abrik isi hp teman saya. sy membuka app wattpadnya ... isinya cerita2 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Iya, Wattpad itu memang yang paling populer. Mostly yang suka baca pasti punya app itu.

      Delete
    2. betul, temanku suka membaca, banyak koleksi di wattpadnya.

      Delete