5 Hal Tentang Drama Korea Kingdom

by - 7:17 PM

Selain drama korea Memories of the Alhambra, drama korea Kingdom juga menjadi original series di saluran Netflix. Jika kalian penasaran bisa menonton trailernya dulu di You Tube. Waktu itu saya juga sempat nonton trailer drama korea bertema zombie ini, tapi masih belum tergugah untuk nonton. Lalu baca komentar teman di Twitter jadi penasaran, katanya recommended banget. Cusss saya nonton serial televisi Kingdom.

Drama korea kolosal Kingdom bercerita tentang rumor aneh yang menyebar di kerajaan mengenai penyakit yang diderita oleh Raja. Kemudian wabah misterius menyerang negeri tersebut, menyebabkan orang-orang memangsa satu sama lain. Putra Mahkota yang mengetahui konspirasi dan penyebab wabah tersebut menjadi satu-satunya harapan. Kingdom diadaptasi dari webtoon berjudul Land of the Gods yang ditulis oleh Kim Eun Hee. Pangeran Lee Chang diperankan oleh Ju Ji Hoon, Ryu Seung Ryong berperan sebagai Ketua Dewan Kerajaan bernama Cho Hak Ju (dari klan Hae Won Cho), dan Bae Doona sebagai tabib bernama Seo Bi.

Jumlah episode drama korea Kingdom ini cukup sedikit, hanya ada 6 episode; tapi karena akan ada season kedua jadi wajarlah. Setelah nonton episode pertama, saya semangat untuk lanjut ke episode selanjutnya, pokoknya menjanjikan banget. Kita sudah langsung paham premis cerita hanya dengan nonton episode pertama. Cerita kerajaan itu memang tidak jauh-jauh dari politik kekuasaan, di Kingdom ini juga hal tersebutlah yang mendasari berbagai peristiwa yang terjadi. Jika kalian sudah nonton trailernya maka diperlihatkan bahwa Sang Raja menjadi zombie. Tentu Raja tidak menjadi zombie dengan sendirinya. Itu adalah ulah orang-orang yang ingin mempertahankan kekuasaan mereka. Lalu apa yang menarik dari drama korea Kingdom ini, simak penjelasan saya berikut.

Setting Lokasi dan Waktu 

Drama korea Kingdom yang bertema zombie mengambil setting waktu pada era Joseon membuatnya unik. Kebanyakan film zombie yang saya tonton punya setting waktu di zaman modern. Dengan berbagai teknologi canggih saya rasa itu sangat membantu mereka untuk membasmi para zombie. Tapi kalau di zaman dulu yang semua masih serba manual, bakal lebih kesulitan. Selain itu setting lokasi di Kingdom sangat detail, gambaran desa-desa terpencil nan miskin; Jiyulheon (semacam puskesmas di era saat itu) yang porak poranda setelah pasien terkena wabah; benteng yang di bangun di setiap jalan masuk ke Sangju (salah satu kawasan). That’s cool!

Akting Para Aktor 

Akting zombie-nya itu keren banget, mencuri perhatian saya, hahaha. Badan bisa meliuk-liuk gitu, terus ekspresinya juga dapat banget. Saya merasa merinding dan ketakutan waktu bagian dikejar-kejar. Kayaknya kalau itu saya yang dikejar, saya tidak akan sanggup untuk lari, sudah lemes duluan kaki ini. Menurut saya zombie di Kingdom lebih serem daripada zombie di Resident Evil ataupun I am Legend. Kalau aktor lainnya tidak usah dipertanyakan lagi, aktor senior Ryu Seung Ryong sudah bermain di berbagai drama dan film, Ju Ji Hoon pun demikian; ia terkenal dengan perannya di drama Goong dan film Along with the Gods, Bae Doona bermain di film US seperti Jupiter Ascending dan serial Sense8.

Make up dan Kostum 

Saya kurang tahu apakah mereka menggunakan boneka atau patung lilin untuk beberapa scene, tapi harusnya memang pakai karena ada beberapa scene tubuh zombie saling bertumpukan, terus jangan kaget juga kalau ada kepala menggelinding. Tapi saya takjub dengan make up para zombie yang terlihat sangat nyata. Mulai dari warna kulit hingga luka-luka pada tubuh zombie. Kostum yang digunakan juga menggambarkan setiap ocassion. Pakaian tradisional Korea yang menarik tampak indah dikenakan oleh orang-orang di kerajaan, tapi sangat kontras dengan warga biasa yang cenderung miskin.

Moral Value

Kingdom tidak hanya menceritakan wabah misterius yang menyebar dan intrik di dunia politik, tapi juga sisi lain tentang isu ketidakadilan. Di drama korea ini tampak jelas bagaimana pejabat hidup dengan makmur sedangkan rakyat hidup kekurangan karena pajak yang terlalu tinggi. Para pejabat cenderung memperkaya diri dan mengabaikan keadilan bagi rakyat. Bahkan mereka tidak segan menggunakan kebohongan demi mendapatkan kekuasaan. Orang-orang yang jujur dan bermoral justru dijatuhkan. Ketika Pangeran Lee Chang keluar dari kawasan kerajaan, ia menyadari ketimpangan sosial tersebut. Ia ingin bertahan hidup demi menjadi pemimpin yang baik kelak.

Plot Twist 

Kingdom tentu menghadirkan plot twist dan tidak akan saya sebutkan apa itu, nanti spoiler. Yang jelas saya tidak menduganya sejak awal. Salah satu plot twist-nya bikin saya merasa miris. Orang yang gila kekuasaan memang bisa sekejam itu. Terus plot twist yang satunya lagi juga bikin gregetan. Tidak terbayang bagaimana nasib mereka di season dua nanti. Kayaknya bakal lebih banyak pertumpahan darah.

Saya sangat menantikan Kingdom season dua. Kabarnya bulan Februari tahun ini mulai dilakukan penggarapan season dua. Namun belum diketahui kapan season dua akan release, kemungkinan tahun depan, semoga saja. Jika kalian belum nonton buruan nonton di Netflix.

You May Also Like

0 comments