Macam-macam Genre Novel

by - 11:09 AM

Genre Novel yang Perlu Kalian Ketahui dan Penjelasannya

Lama tak nge-blog kali ini saya ingin membahas mengenai berbagai genre novel serta penjelasannya. Literatur fiksi memiliki berbagai macam genre, seperti romance, misteri, science fiction, horor, thriller, suspense, humor, dll. Tidak jarang juga ada karya yang mengandung lebih dari satu genre, misalnya genre romance yang dibumbui dengan genre humor, atau genre misteri yang dibumbui dengan genre horor.

Kalau saya selalu suka dengan genre science fiction, fantasi, misteri dan horor. Genre science fiction dan misteri selalu bikin saya ikut berpikir. Sementara genre fantasi membuat saya ikut berimajinasi dan genre horor bikin jantung saya dag-dig-dug. Intinya setiap genre memiliki dampak atau efek berbeda kepada pembaca. Berikut ini penjelasan mengenai genre-genre dalam literatur fiksi.

1. Science fiction
Genre sci-fi pada umumnya mengangkat topik yang berhubungan dengan teknologi atau sains. Kecanggihan teknologi atau kadang cerita yang rumit dalam sci-fi membuat pembaca dituntut untuk lebih berpikir. Kebanyakan tema yang kita temui adalah cerita mengenai time traveler, perjalanan luar angkasa, cyborg, dll. Contoh novel dengan genre sci-fi adalah Time Machine oleh H. G. Wells.

2. Fantasi
Cerita ini berhubungan dengan hal-hal yang diluar akal pikiran dan tidak ada di dunia nyata. Pada umumnya bercerita mengenai suatu negeri khayal dan memiliki tokoh yang tidak biasa misal peri, penyihir, naga, dll. Contoh novel bergenre fantasi adalah The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel karya Michael Scott, Harry Potter karya J.K. Rowling, Eragon karya Christopher Paolini, The Lord of The Ring karya J.R.R. Tolkien, dan masih banyak lagi.

3. Thriller
Pada cerita ini tokoh antagonis atau tersangka sudah dapat diketahui dari awal. Lalu, apa serunya kalau tersangka sudah diketahui? Yang membuat cerita ini menarik dan lebih seru adalah aksi-aksi menegangkan dan mengejutkan. Contoh novel bergenre thriller, yaitu The Book of Mirror karya E.O. Chirovici.

4. Suspense
Genre suspense hampir mirip dengan thriller hanya alurnya yang berbeda. Sejak awal tokoh antagonis atau tersangka sudah diketahui. Namun dalam genre ini tidak banyak aksi-aksi menengangkan seperti dalam thriller. Di sini tokoh protagonis dihadapkan pada situasi tidak menguntungkan yang diciptakan oleh tokoh antagonis. Tokoh antagonis akan menekan tokoh protagonis agar melakukan semua perintahnya.

5. Misteri
Berbeda dengan suspense dan thriller, pada cerita misteri tokoh antagonis atau tersangka tidak langsung diketahui. Ini membuat pembaca akan menebak-nebak siapa tersangka dalam suatu cerita. Cerita ini memberikan sensasi penasaran, mencekam, dan penuh tanda tanya. Kebanyakan tema yang ditemukan dalam genre misteri adalah cerita mengenai detektif. Nah, contoh novel dengan genre misteri yang tidak asing di telinga adalah Sherlock Holmes karya Sir Conan Doyle dan karya-karya Agatha Christie dengan tokoh utama Hercule Poirot dan Miss Marple.

6. Horor
Cerita horor pada umumnya berhubungan dengan hal-hal supernatural/gaib atau mitos pada suatu daerah. Alur cerita ini dibuat mencekam dan menakutkan. Biasanya konflik terjadi antara manusia dan makhluk astral. Salah satu contoh novel dengan genre horor adalah Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati.

7. Romance
Siapa sih yang tidak tahu genre satu ini. Romance adalah genre yang paling banyak diminati di Indonesia, selain humor tentunya. Genre ini bercerita mengenai percintaan atau hubungan asmara yang tidak lepas dari drama.

8. Humor
Genre ini bisa bikin ketawa, jelas namanya saja humor. Bercerita mengenai hal-hal jenaka atau lucu. Contoh cerita bergenre humor adalah karya-karya milik Raditya Dika (Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, dll); My Stupid Boss yang ditulis oleh chaos@work.

Itu dulu guys penjelasan mengenai genre-genre dalam buku fiksi. Buat kalian yang mau share genre favorit atau penjelasan lebih detail mengenai genre buku boleh banget comment. ^^

You May Also Like

0 comments