Bagaimana Menemukan Ide?

by - 7:41 PM

BAGAIMANA MENEMUKAN IDE?


Cara Menemukan Ide
Ilustrasi oleh Weni


Kebanyakan orang yang baru memulai menulis pasti menemui beberapa kesulitan, salah satunya bagaimana cara menemukan ide. Sebenarnya ide bisa ditemukan di mana saja. Bahkan ada lho penulis yang memperoleh ide dari mimpi. Menurut pengalaman pribadi, ada beberapa cara yang biasanya saya lakukan untuk menemukan ide.

1. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Terkadang kita dapat terhanyut dalam lagu tersebut, terlebih jika lirik lagu memiliki makna mendalam. Situasi seperti ini biasanya sangat mendukung untuk memikirkan suatu ide baru. Tidak jarang juga ide itu justru muncul dari lagu yang sedang kita dengarkan.

2. Membaca
Dengan banyak membaca‒entah itu artikel atau karya sastra lainnya‒dapat membantu untuk menemukan inspirasi dan memperluas wawasan kita. Bahkan terkadang satu kata saja dalam suatu artikel bisa menjadi ide. Melalui artikel atau karya sastra tersebut dapat juga dipelajari bagaimana penulis membangun ide mereka.

3. Menonton tayangan di TV
Nah tayangan di TV bisa jadi inspirasi juga untuk menemukan ide. Kalian bisa menonton tayangan apa saja entah itu TV series, berita atau talkshow. Topik tertentu yang sedang booming di TV juga bisa dijadikan ide untuk menulis cerita.

4. Merenung
Merenung termasuk salah satu cara yang sering saya lakukan. Biasanya mengingat kejadian-kejadian penting dalam hidup saya atau perjalanan hidup saya selama ini. Terkadang juga memikirkan masa depan. Dalam proses merenung itu tiba-tiba ide selalu lewat begitu saja. Yang satu ini mungkin tergantung masing-masing orang juga ya. Kadang ada yang merenung tapi tidak dapat ide apa-apa.

5. Mengobrol
Banyak mengobrol, berdiskusi, bertukar pikiran dengan teman dapat membantu kamu menemukan ide. Ide itu dapat berasal dari curhatan teman atau peristiwa yang menimpa teman. Selain itu dengan berkomunikasi dapat memberikan penyegaran setelah kita berkutat dengan ide yang tidak kunjung datang. Pikiran yang fresh tentu akan membantu kita untuk berpikir.

Jika kalian sudah menemukan ide-ide tersebut segeralah mulai menulis. Tidak usah bingung mau mulai dari mana, pokoknya tulis saja dulu. Setelah tulisan kamu selesai, bisa kamu perbaiki kembali. Kamu juga bisa meminta pendapat saudara atau teman mengenai tulisan kamu. Selamat berkarya!

Jika ada yang memiliki cara lain untuk menemukan ide bisa share ya di kolom komentar.

You May Also Like

2 comments