Review Drama Mandarin The Big Boss season 2

by - 1:12 PM

Sebelumnya saya sudah menulis ulasan The Big Boss season 1 di sini, silakan baca dulu. Sebelum membahas season 2 (16 episode), saya jelaskan sedikit gambaran tentang drama mandarin The Big Boss. The Big Boss ini diangkat dari manhua dengan judul Ban Zhang Da Ren karya Chen Lan. The Big Boss berkisah tentang kehidupan SMA seorang remaja perempuan bernama Ye Mu Xi (nickname: Yezi). Ia memiliki musuh bebuyutan bernama Liao Dan Yi, seorang remaja laki-laki yang pintar dan dingin. Sifat Dan Yi sangat bertolak belakang dengan Yezi. Selama 9 tahun belajar Yezi selalu sekelas dengan Dan Yi. Selama itu pula Dan Yi selalu menjadi ketua kelas yang sering mengatur Yezi, karena Yezi pemalas dan nilainya jelek.

Saat SMA Yezi pikir ia akan terbebas dari Dan Yi, ternyata ia salah. Dan Yi masuk ke sekolah yang sama dengannya. Lebih parahnya mereka sekelas lagi. Semestinya Dan Yi berada di kelas 1, tapi gara-gara sakit ia tidak hadir di ujian penentuan kelas. Alhasil ia berada di kelas 10, kelas paling buruk nilainya. Tidak ingin diatur oleh Dan Yi, Yezi pun memberanikan diri untuk mengajukan diri menjadi ketua kelas.

Jika untuk season 1 tidak fokus dengan hubungan asmara, maka tidak dengan season 2. Di season 2 ini mulai terlihat kisah percintaan para tokohnya. Dan ketahuilah, setelah nonton season 2 saya baru sadar Liao Dan Yi yang dingin ternyata sebucin itu sama Yezi. Sementara itu, Xue Xiao Dong si artis yang tadinya tidak bisa sekolah, karena terlalu sibuk dan banyak dikejar-kejar fans sehingga tidak leluasa, akhirnya menunjukkan perasaannya kepada Yezi. Namun, Yezi yang kurang peka itu hanya menganggap kebaikan Xue Xiao Dong sebagai kebaikan antar teman. Lalu, ketua kelas 1 yang naksir berat dengan Dan Yi itu, selalu kena apes saat mencoba mendekati Dan Yi atau saat membayangkan kebersamaannya dengan Dan Yi. Kocak sih bagian ini.

Di season 2 ini Nenek Dan Yi masih muncul dan ada konflik baru juga terkait Nenek Dan Yi dan Ayah Dan Yi. Permasalahan itu juga sempat membuat hubungan Dan Yi dan Yezi renggang. Bahkan Dan Yi memutuskan untuk mengajukan transfer kelas. Meskipun beberapa kali dibuat kesal oleh Dan Yi, tapi Yezi merasa kehilangan saat Dan Yi tidak berada di sekitarnya. Terus gimana dong hubungan keduanya berlanjut? Akan terus musuhan atau lebih parahnya menjadi asing satu sama lain? Nonton deh.

Sesungguhnya saya kecewa dengan season 2, karena menurut saya editing-nya berantakan. Banyak adegan tidak penting yang mengganggu dan plot hole di beberapa adegan. Seolah-olah adegan itu cuma untuk nambah-nambahin durasi. Ada juga konflik yang menurut saya penting, tapi tidak ada penyelesaiannya. Sangat disayangkan. Namun, sekitar 3 episode terakhir editing-nya mulai rapi lagi. Saya merasa yang nge-direct beda orang, terus editor jadi kesulitan menyunting gambar. Entahlah yang bermasalah yang mana.

Sedikit contoh bagian yang merusak season 2 (spoiler alert):
1. Adegan tidak penting
Ngapain sih ada adegan Huang Nan, Huang Yi, dan cewek yang suka meramal (lupa namanya siapa) tasnya nyangkut di pohon. Adegan itu sama sekali tidak ada sangkut pautnya sama plot di episode tersebut. Adegannya juga cuma beberapa detik, semestinya dihapus saja.

2. Plot hole
Di suatu episode sudah masuk masa liburan. Bahkan Dan Yi sudah mulai ikut pelajaran tambahan untuk Olimpiade, sedangkan Yezi bermalas-malasan di rumah. Eh, kok di episode selanjutnya ada adegan nongkrong teman-teman Yezi, tapi mereka pakai seragam. Kayak habis pulang sekolah.

3. Konflik yang tidak diberikan penyelesaian
Jadi ada masalah yang membuat Ayah Dan Yi tidak suka dengan Yezi. Lalu Ayah Dan Yi menyuruh Dan Yi menjauhi Yezi. Sebenarnya konflik tersebut bisa dikembangkan dan diberi penyelesaian daripada menyisipkan adegan tidak penting yang sama sekali tidak ngaruh ke alur. Bisa kan pada akhirnya dibuat Ayah Dan Yi melunak.

Sebelumnya sempat saya singgung betapa bucinnya Dan Yi ke Yezi, sebenarnya dalam arti positif sih. Dan Yi ingin Yezi mandiri dan lebih bertanggungjawab, makanya ia rela sekelas terus sama Yezi. Sebab menurutnya dengan sekelas ia bisa lebih leluasa mengawasi perkembangan akademik Yezi. Di akhir cerita kan mestinya Dan Yi pindah ke kelas 1, tapi ia tidak jadi pindah. Again and again, Dan Yi alasan sakit, jadi ia tidak ikut ujian kepindahan kelas. Ini membuat saya berspekulasi, jangan-jangan waktu awal-awal masuk sekolah ia juga pura-pura sakit biar bisa sekelas sama Yezi. Oh my… Hahaha…

Ok segitu saja, nanti saya kebanyakan spoiler lagi. Nonton saja untuk tahu detailnya.

Karena tak ada satu pun hal darimu yang hanya sepele bagiku. (Dan Yi kepada Yezi)

You May Also Like

0 comments