Buku yang Saya Baca Februari 2019

by - 1:53 PM

Bulan Februari saya cuma berhasil membaca dua buku. Kedua buku tersebut adalah buku fiksi terbitan Gramedia. Simak ulasan saya tentang kedua buku tersebut.
Covernya bisa senada gini ya (dok. pribadi)

Breaking Point

13 Februari 2019 11:56 baru saja selesai membaca Breaking Point
Penulis             : Pretty Angelia
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman          : 240
Tahun terbit    : 2017

Breaking Point merupakan jebolan GWP batch 3. Awal saya baca blurb-nya sudah tertarik banget. Breaking Point menceritakan tentang perjuangan orang-orang yang mengikuti program Paket C karena suatu permasalahan. Geta berusia 17 tahun dikeluarkan dari sekolah, padahal dia termasuk murid pandai bahkan pernah menjadi Ketua OSIS. Vierro berusia 18 tahun terpaksa meninggalkan UN karena tidak bisa meninggalkan kompetisi catur di Roma. Daniar berusia 17 tahun memiliki suatu penyakit dan hanya dengan mengikuti program Paket C dia bisa mewujudkan cita-citanya. Terakhir Bogel berusia 20 tahun, seorang mantan napi yang ingin memiliki ijazah.

Novel dengan genre young adult ini ditulis dengan gaya ringan dan mengalir, khas anak remaja. Konflik yang disajikan lebih kompleks, tapi memiliki alur yang cepat. Jadi tidak bikin bosan. Saya suka dengan covernya dan kutipan kalimat di bawah judulnya. “Kesempatan kedua ada bagi mereka yang mau berjuang.” Sudah kelihatan banget kalau novel ini akan sangat menginspirasi dan memang iya. Selama ini banyak yang meremehkan orang yang mengikuti program Paket C, tanpa mengetahui apa alasan mereka.

Tokoh utama yaitu Geta, memiliki karakter pemberani yang kadang justru membuatnya dalam masalah. Dia juga orang yang sengak, menurut saya. Tapi jauh dari sifat sengaknya itu saya suka dengan karakternya yang kuat. Sementara karakter lain tidak terlalu menonjol, meskipun Vierro tampaknya sangat populer dan keren tapi menurut saya biasa saja, haha... Sementara itu, karakter Daniar yang berjuang dengan panyakitnya mampu menyentuh hati saya. Walaupun penyakit itu terus menggerogotinya, tapi dia tidak pasrah dan masih ingin berjuang buat impiannya.

Quote:
“Karena selama orangtua kita ada, selama itulah waktu yang tepat untuk banggain mereka.”
-Vierro-

Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu

28 Februari 2019 pukul 19:55 baru saja selesai membaca Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu
Penulis             : Norman Erikson Pasaribu
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman          : 171
Tahun terbit    : 2014

Saya membeli kumpulan prosa ini dengan versi cover baru, dapat rekomendasi dari teman saya. Awalnya saya tahunya Norman Erikson ini menulis kumpulan puisi Sergius Mencari Bacchus dan kabarnya sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris. Satu kata yang dapat menggambarkan kumpulan prosa ini ‘genius’. Buku ini merupakan debut Norman Erikson dan langsung masuk ke dalam Lima Besar Kusala Sastra Khatulistiwa 2014. Keren!

Terkadang saya bingung gimana mau mengulas buku yang keren, karena rasanya tidak ada kalimat yang mampu mengungkapkannya.

Di dalam buku ini ada 20 prosa dan memiliki atmosfer gloomy. Yang paling saya sukai adalah Pria Murakami (Sebenarnya suka juga dengan Mendaki Bersama Xingjian, tapi karena paling saya harus pilih salah satu.). Mostly, ending cerita prosa di buku ini termasuk open ending, yang tentunya saya sukai. Dan kebanyakan dari cerita tersebut meninggalkan kesan buat saya. Saya juga suka banget dengan gaya penulisan Norman Erikson.

Kayaknya Sergius Mencari Bacchus juga harus masuk list  dan saya tunggu karya-karya selanjutnya dari Norman Erikson Pasaribu.

Quote:
“Sebab, aku selalu menemukan kesepian pada ruang antara deretan tempat duduk itu. Di sana, kutemukan kesunyian yang menganga dan dari lubang besar itu keluar rayap-rayap sepi yang perlahan menggerogoti hatiku.” -Kondektur, hl. 97-


Kalau kalian suka dengan sastra, maka buku Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya jika suka dengan bacaan khas remaja bisa baca Breaking Point. Semuanya bagus. Jangan lupa tinggalkan komentar, kasih tahu saya buku bagus apa yang harus saya baca. Terima kasih.

You May Also Like

0 comments